Jumat, 14 Agustus 2009






PACU JALUR adalah kebudayaan kabupaten kuantan singingi. Dimana pacu jalur ini diadakan satu tahun sekali. Untuk menyambut hari kemerdekaan republik indonesia. Kebudayaan ini sangat unik dimana panjang jalurnya sekitar 30-50 meter dan pendayungnya terdiri dari 50-60 ora

Untuk memperoleh kemenangan di butuhkan kekompakan dalam memacunya.Hal ini sesuai dengan semboyan kabupaten kuantan singingi yang berbunyi BASATU NAGORI MAJU. Jadi dapat di katakan bahwa untuk meraih kemenangan dibutuhkan kekompakan.

Jalur ini ada pada setiap desa atau suku yang ada pada kabupaten kuantan singingi. Pada pacu jalur ini ada juga yang didatangkan jalur dari daerah rengat. Nama jalur pada setiap desa sangat bagus-bagus dan berpariasi, kadang ada nama jalurnya yang diberi nama sesuai dengan asal usul desa atau asal mula jalur jalur itu terbentuk. Seperti pendekar hulu bukit tabandang, puti mandi mayang tarurai, singan kuantan ,lipan baro, limbek putiah, soriak sarumpun dan banyak lagi yang lainya.

Hadiah yang diperoleh oleh jalur yang menang adalah berupa hewan ternak,uang, piala bergilir dan bendera lambang kejuaraan.

Saya bangga dengan kebudayaan kuantan singingi ini. makanya bagi anak muda yang mengaku gaul makanya lestarikan kebudayaan kita..........

Cintai budaya, cintai alam,.....................
annnnnnnnnnnnnn stop global warming...........................






0 Comments:

Post a Comment